Tuesday, January 31, 2017

Review Jam Tangan Eiger N83001

Jam Tangan memiliki nama lengkap Eiger N83001 Character 4.0M1120

Para penggemar outdoor atau mountaineering rasanya sudah tidak asing dengan brand Eiger. Sebuah brand nasional Indonesia yang sudah berkualitas internasional ini memang tadinya cuma produsen tas, tapi sekarang sudah merambah ke pernik lain. Salah satunya jam tangan. Apakah jam tangan Eiger ini sama tangguhnya dengan produk tas nya? Rasanya anda perlu mencobanya.



Namun sayangnya setelah saya teliti, saya browsing jam Eiger ini kok made in China ya? Bukan made in Bandung gitu atau made in Indonesia. Jangan jangan ini produk KW?. Bukan!, untuk saat ini memang jam tangan brand Eiger original memang tertulis made in China. Artinya memang PT Eigerindo belum siap memproduksi jam tangan sendiri, butuh ilmu lagi, butuh pakar lagi, butuh mesin produksi lagi. Jadi Eiger saat ini masih bekerjasama dengan perusahaan pihak ketiga dari China. Kemudian atas permintaannya diberi brand Eiger lalu diimpor. Namun saya belum paham siapa sebenarnya prusahaan pihak ketiga itu. Namun yang jelas untuk brand sekelas Eiger yang sudah terkenal durabilitasnya tidak mungkin kerjasama dengan produsen yang abal abal. Artinya tetap mempertimbangkan kualitasnya demi menjaga nama baik.


Jenis jam tangan yang akan saya review kali ini adalah Jenis N83001, seri ini merupakan salah satu seri dari generasi kedua. Jika generasi pertama, kotak wadah jamnya berwarna orange bertuliskan "Passion for Adventure" namun pada generasi kedua ini kotak kemasan berwarna abu abu dan bertuliskan "Tropical Adventure".

Berapa harganya? Harga generasi Tropical Adventure ini memang bisa dibilang lebih mahal ketimbang jenis jenis dari generasi Passion for Adventure, tapi memang tergantung fitur juga. Khusus seri N83001 ini dibanderol Eiger dengan harga Rp 350.000. Harga mungkin bisa berbeda kalau belinya bukan di toko resmi Eiger. Jika kita buka isinya juga agak berbeda dengan generasi pertama. Edisi ini selain memberikan strap secara dan baterai cadangan di dalamnya, juga memberi 2 batang besi pengait badan jam dengan strap. Mungkin penambahan ini adalah evaluasi dari generasi pertama, bahwa dua besi itu juga penting diberikan karena ada peluang rawan rusak. Perbedaan kedua ada pada manual booknya, jika generasi pertama buku petunjuk hanya berupa selembar kertas yang dilipat lipat, tapi generasi kedua ini buku petunjuk memang berupa buku mini.


Lalu tampilan luar seri N83001. Sebenarnya seri ini ada 3 jenis warna, ada warna hitam belang doreng silver, hijau army dan hitam. Kali ini saya pilih yang hitam. Dari segi model jelas seri ini tampak sangat solid dan cukup tebal yakni 1,5cm. Dimensi jam membentuk segi 8 dengan jenis Digital Watch dengan diameter 5,5cm.

Bisa dibayangkan sendiri dengan ukuran segitu bisa dipertimbangkan dengan ukuran tangan kamu, kegedean atau pas?. Jika dipakai bisa disesuaikan dengan keperluan. Jam ini juga unisex alias cocok dipakai pria maupun wanita. Bagi saya selaku penulis sih jam ini paling cocok memang untuk keperluan outdoor atau sport dan kurang cocok untuk keperluan formal.

Kebanyakan jam tangan Eiger sudah dibekali kemampuan water resistant 100meter. Artinya jam ini memang punya ketahanan bagus terhadap tekanan air ketika sedang diving.



Fitur


Untuk fitur, untuk jam tangan seharga 350K ini cukup proporsional dengan fitur yang sudah disematkan selain sebagai jam tangan biasa. Fitur yang ada diantaranya :

Dual Time - Diakui jam tangan ini tidak seperti ponsel yang bisa secara otomatis merubah jam sesuai dengan perubahan zona waktu. Maka dual time ini menjadi fasilitas adanya 2 waktu yang berbeda dalam satu jam.

Timer - Fitur ini merupakan hitung mundur. Bagi yang punya deadline kerja atau deadline waktu tempuh, menjadi wasit, fitur ini bisa digunakan. Ketika waktu telah habis maka alarm jam ini akan berbunyi.

Alarm - Sudah banyak yang tahu soal fitur ini. Alarm yang ditetapkan bisa diseting untuk keperluan harian atau berbunyi seminggu sekali.

Chronograph - Intinya fitur ini sama dengan stopwatch untuk menghitung kecepatan, baik untuk kecepatan satu putaran atau multi putaran.

Electro-Luminescent (EL) backlight - Backlight jam bisa dinyalakan khususnya jika ingin mengecek waktu saat di ruangan gelap. Backlight jam ini berwarna hijau.

Calendar - Selain menampilkan jam dalam display awal juga mencantumkan hari dan tanggal. Jika dipencet tombol mode Calendar maka akan muncul penuh informasi tanggal dan bulan.

Sekian jenis jenis fitur yang disematkan untuk jam ini. Ada beberapa tips yang harus diketahui untuk menjaga keawetan jam ini. Diantaranya
- Jangan menekan tombol ketika sedang berada di dalam air. Ada kemungkinan bisa kemasukan air karena tombol juga merupakan katup.


0 comments:

Post a Comment