Wednesday, December 28, 2016

Inilah Rahasia Body Hack Wolverine Project OCD 2.0



Buku seri kedua dari Obessive Corbuzier Diet (OCD) ini, saya pahami ini merupakan prosedur tingkat lanjut dalam menjalankan diet OCD di buku pertama. Jadi jika buku pertama banyak memberitahukan teori dasar OCD serta penerapannya, maka misi utamannya adalah membentuk tubuh ideal. Yakni bagaimana yang punya tubuh obesitas bisa turun lemaknya dan mendapatkan tubuh ideal. Sementara bagi yang kurus bisa berkembang ototnya menjadi lebih ideal. Jadi jika pembaca sudah merasa puas dengan hasil yang diinstruksikan di buku OCD seri pertama, maka tidak wajib untuk mengikuti OCD 2.0 ini.



Sebelum saya menjelaskan tentang rahasia Body Hack ini, rasanya perlu memberitahu mengapa buku seri kedua ini diberi sub judul "Wolverine Project". Setelah dipahami, ternyata diet ala Deddy yang katanya meniru diet ala Shaolin juga ternyata hampir sama dengan diet yang dilakukan oleh aktor Hugh Jackman saat membintangi film Wolverine, khususnya seri Wolverine saat seting filmnya di Jepang itu loh (lupa seri berapa). Silahkan cek saja di www.thewolverinediet.com (itu web berbahasa inggris). Prinsipnya sama-sama menerapkan Intermittent Fasting alias puasa.

Disitu problem dari Hugh Jackman sendiri adalah usianya yang sudah tidak lagi muda, produksi hormon pertumbuhannya sudah rendah, sementara bodinya masih standar banget. Saking standarnya, pada film-film wolverine sebelumnya dia masih pakai kostum dan jarang memamerkan tubuhnya. Silahkan tonton filmnya saat dia masih main film X-men. Bagaimana caranya Jackman agar bisa menumbuhkan lagi otot-ototnya maka digunakan diet ini. Saat kita nonton The Wolverine (2014) saat seri di Jepang itu, bodinya udah beda banget. Sempurna pokoknya.

Dengan kata lain buku OCD 2.0 ini tidak cukup memberi trik mendapatkan tubuh ideal saja. Tapi bagaimana menghubungkan OCD 2.0 ini untuk keperluan Bodybuilder alias binaragawan. Lihat saja cover OCD seri pertama hanya menampilkan Deddy dengan tubuh yang slim terdefinisi. Tapi di buku kedua ini banyak menampilkan tubuh Deddy tingkat advance lebih besar dan tetap terdefinisi.

Body Hack

Disinilah yang membedakan buku pertama dengan yang kedua. Istilah Hack sering digunakan dalam dunia komputer atau IT. "Hack" biasanya sering diartikan membajak suatu sistem sehingga yang tadinya sistem itu "tidak mau" mematuhi apa yang kita inginkan menjadi "mau". Namun mengherankan, kali ini Deddy menerapkan Hack untuk tubuh kita. Lebih singkatnya, bagaimana tubuh di Hack yang tadinya sulit atau tidak mau gede karena keterbatasan hormon atau umur, menjadi mau menjadi gede, kayak dipompa terus, tentunya dengan cara alami.


  • Bulking

Untuk membentuk tubuh ala Wolverine, pertama kita harus melakukan bulking atau penggemukan. Loh saya kan sudah gemuk, berarti saya tidak perlu bulking dong??. Mau bulking baik untuk si kurus dan si gemuk ada aturannya, yaitu kadar lemak harus dibawah 15% baru boleh bulking. Teknik bulking ala Deddy hampir sama dengan bulking pada umumnya yang sering dilakukan para bodybuilder, yakni surplus kalori.

Hanya saja disini Deddy lebih banyak menekankan ke makanan alami bukan suplemen atau makanan prosesan. Selain itu sumber karbohidrat yang digunakan sebaiknya yang menyehatkan. Tentunya 100 kalori apel hasilnya akan lebih baik daripada 100 kalori kue. Silahkan pahami sendiri.

Kebutuhan kalori juga ditingkatkan secara drastis. Jika biasanya hanya mengkonsumsi 2500 kalori kali ini ditingkatkan menjadi 3500 kalori. Karena suplai kalori banyak, maka disarankan untuk menggunakan teknik OCD jendela makan 8 Jam, jangan kurang dari itu. Komposisi yang kita makan yaitu 40% karbohidrat dan 60% protein. Apa saja yang dimakan? lebih detail baca bukunya.


  • Cutting

Cutting diartikan mencukur lemak-lemak hasil dari bulking. Tujuannya agar tubuh yang sudah besar akan terlihat terdefinisi dan kering. Perbandingan Karbohidrat : Protein yang tadinya 40:60 kini diubah menjadi 20:80. Jangan lupa turunkan juga jumlah kalorinya pelan pelan dari 3500 - 500 - 500 - 500. Demikian jendela makannya juga diturunkan menjadi 4 jam. Apa saja yang dimakan? apa saja olah raga yang diperlukan? lebih detail baca bukunya.

Pada intinya saya mencermati, baik pada tahap Bulking maupun Cutting di OCD 2.0 ini sudah tidak lagi menggunakan aturan yang ada dalam OCD pertama. Khususnya dalam hal apa yang dimakan. Di OCD pertama membolehkan makan apa saja setelah puasa, namun di OCD 2.0 ini harus betul-betul diperhatikan kualitas makanannya. Namanya saja level Advance

The Secret : Body Hack

Apa yang Deddy tulis di bagian ini, jujur saja saya baru pernah mendengarnya dalam hal teori diet ataupun body building. Saya jelaskan sederhanannya saja. Hack Body ini dimulai dari komitmen tidak mensuplai protein sama sekali ke tubuh kita dalam beberapa hari. Sementara otot wajib ditempa terus dengan latihan angkat beban. Disinilah tahap Hack berlangsung yang istilahnya tubuh "dirusak" dalam arti yang baik.

Tubuh akan haus berat akan protein pada tahap itu. Baru kemudian kita asup protein tinggi. Disini kita akan dapati pertumbuhan otot yang sangat pesat dibanding dengan tanpa body hack ini.

Tulisan ini hanyalah ringkasan saja. Bagi yang ingin mengetahui lebih detail disarankan membaca bukunya. Diantaranya akan banyak mengutarakan bagaimana penjelasan ilmiahnya?, berapa lamanya body hack dan berapa kali bisa dilakukan?, makanan apa saja yang sebaiknya dimakan? bagaimana proses memasaknya?

Suplemen?
Dalam buku ini, Deddy sama seperti buku sebelumnya yaitu tidak membahas soal suplemen. Hanya saja disini Deddy lebih sering menyebut suplemen Creatine yang digunakan. Itu saja.

1 comments: